Selasa, 10 Januari 2012

Sony Perkenalkan Kartu Memori XQD Pertama Di Dunia


Sony adalah produsen pertama yang menawarkan kartu memori format terbaru XQD. Format ini pertamakali diumumkan pada akhir tahun 2011 yang diatur untuk menyaingi Compact Flash dalam kamera pro-end, yang menawarkan kecepatan yang tak tertandingi dalam membaca dan menulis sampai 125MB/detik.
Nikon DSLR D4 pro yang juga diumumkan baru-baru ini akan menjadi DSLR pertama yang menggunakan format baru, dengan slot ganda untuk XQD dan format pendahulunya Compact Flash.

Sony mengklaim bahwa kartu memori baru ini mampu menyimpan hingga 100 frame saat memotret secara baku selama mode continuous shooting.
Untuk permulaan kartu ini akan tersedia dalam dua kapasitas, yaitu 16Gb dan 32GB. Sebuah card reader USB 3.0 juga akan disediakan.
Tentu untuk mendapatkan format baru tidak akan ada harga murah. Kartu 16GB memiliki harga didaftar sekitar $ 129,99 (sekitar £ 83), untuk kapasitas yang lebih tinggi 32GB pada $ 229 ( £ 147).
Sebagai perbandingan, CompactFlash 32GB dihargai sekitar £ 35, tapi tentu saja sesuai dengan teknologi barunya, namun pada umumnya harga akan cenderung turun seiring dengan waktu dan format yang telah banyak diadopsi oleh produsen lain.Dan beberapa perusahaan lainnya, termasuk Canon dan Panasonic telah menyatakan minatnya dalam mendukung format baru tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar