Selasa, 10 Januari 2012

Intel Atom Akan Dilengkapi Empat Core


Intel Corp. berencana memperkenalkan versi prosesor Atom ultra low-power dengan empat mesin proses pada tahun 2013. Chip kemungkinan ditujukan untuk perangkat yang disebut micro-server, namun ada kemungkinan pula digunakan pada nettops maupun notebook ultra-portable dengan tenaga jauh lebih besar, dibanding Atom dual-core.

Menurut slide yang ditayangkan website ComputerBase, Prosesor Intel Atom quad-core akan mendukung memory ECC untuk server dari pabrikan lain. Chip Atom pada 2012 akan masuk ke dalam brand kelas baru chip Intel ultra-voltage dengan nama kode Saltwell, yang seharusnya mengangkat performa Atom pada level baru.

Produsen chip terbesar dunia ini pada bulan Mei 2011 lalu pernah mengumumkan, rencananya meluncurakan tiga update utama untuk solusi chip keluarga Atom bahwa dalam rentang waktu 36 bulan.

Pertama akan menggunakan nama kode Saltwell dan akan dibuat menggunakan teknologi proses 32nm, yang kedua saat ini diketahui sebagai Silvermont dan diproduksi menggunakan proses fabrikasi 22nm atau tri-gate. Sedangkan update besar ketiga dari prosesor Atom memiliki nama kode Airmont dan dirancang dengan proses fabrikasi 14nm.

Prosesor Atom dengan empat mesin pemroses, kontroler memori baru dan bisa jadi adapter grafik baru, membuat Intel dapat mengatasi kebutuhan sistem berkinerja tinggi. Selain itu, perusahaan tersebut baru-baru ini mendirikan divisi mobile and communication group (MCG) untuk membantu produsen chip lebih baik dalam menggarap pasar elektronik konsumer dengan Saltwell dan chip Atom lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar